MENGENAL LETTUCE SAYURAN

Lettuce merupakan sejenis selada yang daunnya membentuk krop (kepala atau telur). Lettuce yang artinya selada itu terdiri atas beberapa jenis, dan puluhan varietas. Harga lettuce yang tinggi menyebabkan sayuran ini cepat populer di kalangan petani. Bagi penggemar hamburger, sayuran lettuce yang renyah ini merupakan keharusan.

Secara ilmiah, lettuce yang tidak lain varian dari selada ini, dibagi atas beberapa kelompok. Kelompok ‘loose leaf lettuce’ atau selada daun yang daunnya relatif tipis dan tidak membentuk krop. Selada daun bisa
tumbuh baik di daerah dingin, maupun daerah panas. Warna daunnya amat beragam, dari yang hijau muda, hijau tua, sampai merah.
Kelompok kedua adalah kelompok head lettuce (lettuce head) yang bentuknya mirip kubis. Helai-helaian daunnya membentuk krop (kepala atau telur) dan tulang daunnya agak tebal. Warna daun hijau muda, dan renyah. Sedang kelompok ketiga adalah butter head lettuce, yang bentuknya merupakan perpaduan antara lettuce head dan loose leaf lettuce. Daun muda butter head lettuce membentuk krop, tapi tidak sepadat head lettuce, sedangkan daun tuanya menjurai dalam lembaran-lembaran lepas seperti selada daun. Dua jenis yang terakhir ini hanya cocok tumbuh di daerah dataran tinggi.


Lettuce head yang membentuk telur ini, lebih banyak ditanam oleh petani di daerah Lembang. Mereka menyebut selada bertelur ini dengan nama lettuce. Sementara jenis lainnya, dipanggil rata saja menjadi selada.
Lettuce yang mirip kubis ini lebih banyak laku di pasaran. Karena itulah, para petani Lembang antusias menanamnya. Lettuce biasa dipakai untuk menghias masakan yang akan dihidangkan, ia juga enak dijadikan lalapan mentah, dan bagian utama dari masakan selada (biasa kita kenal sla atau salad).

Budidaya Lettuce atau Kropsla
Lettuce atau Kropsla hanya mau tumbuh bagus di dataran tinggi, dan membutuhkan sinar matahari yang cukup. Sebaiknya jangan menanam sayuran ini pada musim hujan. Penanganan lettuce agak lebih rumit dibanding sayuran lain, tetapi kalau berhasil, panennya sangat memuaskan.
Dari berbagai kelompok selada yang ada, mungkin baru selada cabut atau loose leaf lettuce saja yang bisa ditanam di daerah dataran tinggi dan dataran rendah. Selebihnya, butter head lettuce dan kelompok head lettuce atau kropsla itu lebih cocok ditanam di dataran tinggi. Dan dari sekian banyak jenis selada, Great Lake merupakan varietas kropsla yang dipilih para petani Lembang untuk ditanam karena sudah terbukti kualitasnya baik. Varietas Great Lake merupakan sayuran daerah dingin. Suhu optimum yang diinginkannya berkisar antara 15 derajat sampai 25oC. Selain itu ia juga membutuhkan cahaya matahari yang panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *